Menebak Kebenaran Fenomena UFO

VIVAnews - Fenomena UFO menghangat akhir-akhir ini. Apalagi setelah diberitakan munculnya penampakan UFO di atas Blok M. Foto yang ditampilkan sebenarnya adalah foto yang diambil dari dalam mobil oleh seseorang yang kebetulan melintas di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berita tersebut sempat masuk ke Warta Kota dan Kompas, tanpa identitas pemotret. Berita pun makin meluas, lantaran banyak blog, facebook dan Insert (Trans TV) membahasnya.

Komunitas UFONESIA dan BETA-UFO pun turun bicara, mereka mengatakan bahwa tidak bisa begitu saja membuat kesimpulan bahwa itu adalah UFO atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Benda Terbang yang Aneh (BETA).  

Harus ada beberapa analisa terhadap foto tersebut untuk bisa dipastikan itu hasil rekayasa atau bukan. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Adi Sadewo Salatun, sempat dikejutkan juga dengan berita tersebut, namun sekali lagi harus dibuktikan kebenarannya.

Adi menyayangkan juga dengan sikap masyarakat yang lebih mendahulukan media daripada LAPAN ketika mendapat temuan-temuan semacam itu, seperti yang terjadi di langit Bone atau Dago. Alhasil, opini masyarakat luas berbeda-beda dan kontroversi.

Usut punya usut, ternyata foto itu adalah hasil kerja iseng dari Maul atau Maulana Ibrahm. Dia berpendapat bahwa manusia terlalu terobsesi dengan UFO, padahal kebenarannya adalah sulit dibuktikan, apalagi teknik editing dan digital sudah makin mudah digunakan.

Maul sempat tertawa-tawa melihat bahwa yang dibicarakan orang mengenai munculnya UFO di Blok M itu ternyata adalah hasil iseng atas fotonya sendiri. Untuk selengkapnya, silahkan baca klarifikasi Maul di http://blognyamaul.blogspot.com/2009/10/klarifikasi-ufo-blok-m.html

Terlepas dari fenomena yang dibuat Maul, BETA-UFO dan UFONESIA menganggap bahwa masyarakat luas perlu mendapat pengetahuan lebih tentang UFO.

Dua komunitas itu memang muncul lantaran banyaknya kasus penampakan yang terjadi di Indonesia. Bahkan Nur Agustinus, ketua BETA-UFO sempat mengatakan bahwa Jakarta, Bandung, dan Cirebon adalah segitiga pemunculan UFO.

Di situsnya, Komunitas Beta-UFO menyatakan bahwa selama tahun 2007 ada 32 laporan penampakan beta-UFO di Indonesia yang 11 di antaranya terjadi di wilayah Jabodetabek.

Sebagian di antaranya tidak berupa berkas cahaya. Sementara itu, sepanjang 2008 tercatat ada 34 laporan tentang penampakan BETA-UFO dari seluruh Indonesia dan 13 di antaranya terjadi di wilayah Jabodetabek. Sementara Muhammad Irvan dari UFONESIA mengatakan bahwa laporan penglihatan UFO tahun ini justru lebih sedikit daripada tahun sebelumnya.

Pernah melihat UFO? Pastikan mata Anda selalu terbuka.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Logo Wikimu

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024