Makanan Penyebab Panjang Umur

VIVAnews - Manusia di masa purba diketahui mempunyai usia yang lebih panjang dibandingkan dengan manusia yang hidup di zaman modern. Banyak dari kita bertanya-tanya, apakah yang membuat mereka dapat hidup begitu lama.

Sebuah riset terbaru berhasil mengungkap rahasia tersebut, yakni diet kalori ultra rendah.

Sebuah tim internasional telah menemukan bahwa kalori yang dipangkas secara substansi sekitar 30 persen dari ukuran diet normal bisa memperlambat proses penuaan dan dengan demikian meningkatkan harapan hidup yang lebih lama.

Sebelumnya para peneliti sudah menemukan bahwa mengurangi kalori sedikit di atas tingkat malnutrisi dapat mengurangi hampir separuh dari risiko-risiko penyakit jantung atau kanker dan meningkatkan hampir sepertiga usia hidup kita.

Dalam riset tersebut, tim menggunakan 76 ekor Rhesus Macaques (Macaca Mulatta), sejenis monyet tertua di dunia. Dimana separuhnya mengkonsumsi kalori 30 perseb lebih sedikit, dengan usia di atas 20 tahun awal kedewasaan.  

Tim riset menemukan bahwa 37 persen dari monyet dengan diet ultra rendah itu masih hidup hingga hari ini, sedangkan monyet yang makan dengan diet normal hanya 13 persen yang masih hidup.

"Hal tersebut memberi masukan kepada saya bahwa biologi fundamental dari pembatasan kalori yang sedang dipelajari pada tikus, lalat, cacing, dan lain-lain kelihatannya bagus untuk diterapkan pada primata," kata Ketua Tim Riset Richard Weindruch dari Universitas Wisconsin di Madison.

Rahasia sangat sederhana ini bukan hanya menambah panjang umur, tapi juga bisa menghemat uang dan menjaga kelestarian lingkungan. Sekali makan rendah kalori, dua-tiga keuntungan didapat.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Logo Wikimu

Evakuasi jasad NA istri yang dibunuh oleh suaminya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut saksi, suami dan istri itu sempat bertengkar hebat di kamar. Ada luka tusukan di bagian kepala korban.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024