Misi Budaya Indonesia

Parade Topeng Bali Hibur Masyarakat di Ceko

VIVAnews - Indonesia, diwakili tarian dan gamelan Bali, memukau penduduk setempat dalam ajang "International Folklore Festival" di kota Lazne Belohrad, Ceko pada 20-21 Juni 2009.

Mengawali penampilan Indonesia, Sanggar Budaya Cakrawala memeriahkan festival rakyat dengan menampilkan Gamelan Bali yang mengalunkan lagu-lagu Bapang Silisir, Gong Gilak dan Baris Kreasi.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Selain itu juga ditampilkan tari Topeng Pejagag oleh I Made Aryantha dan tari Condong oleh dua gadis Ceko yakni Karolina Slesingrova dan Petra Pelcikova.

Sementara itu pada Minggu 21 Juni 2009, kontingen Indonesia turut berparade bersama seluruh peserta folklore. Kontingen Indonesia tampil dengan mengenakan pakaian adat dan aneka topeng Bali sambil menari sepanjang parade.

Selain Indonesia, kontingan internasional yang diundang oleh panitia adalah dari Congo, Australia, Kroasia, Slovakia dan Polandia, selain berbagai kontingen yang datang dari daerah-daerah di Ceko. 

Pada puncak acara, dihadapan Walikota Lazne Belohrad, Presiden Asosiasi Folklore Ceko, dan pejabat lainnya serta ribuan masyarakat yang hadir, I Made Aryantha secara khusus menampilkan Tari Baris yang ditarikan dengan sangat dinamis dan indah.

Sanggar Budaya Cakrawala yang dimotori oleh I Made Aryanta juga menampilkan koleksi foto-foto kehidupan masyarakat Bali di Museum Kota Lazne Belohrad yang ditampilkan sejak seminggu lalu. Pameran foto tersebut juga mendapat perhatian masyarakat kota kecil yang terletak sekitar 150 kilo dari Praha, ibukota Republik Ceko.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

Parade tari topeng Bali di jalanan kota Lazne Belohrad, Ceko

Parade tari topeng Bali di jalanan kota Lazne Belohrad, Ceko (VIVAnews/KBRI Praha)

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

KBRI Praha berharap dengan lebih aktif memperkenalkan keindahan Indonesia ke berbagai daerah di Ceko, masyarakat di jantung benua Eropa itu akan lebih mengenal Indonesia dan mengagendakan kunjungan mereka ke Indonesia.

Sepanjang musim panas ini Indonesia akan tampil diberbagai pesta rakyat yang diselenggarakan oleh masyarakat Ceko seperti di kota Karlovy Vary, Plzen, Klatovy dan Pisek dengan menampilkan berbagai rombongan kesenian dari tanah air.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024