Global Foundation Realisasikan Bantuan Kesehatan US$75 Juta

Dr. Tahir, pendiri Tahir Foundation.
Sumber :
  • http://www.philanthropyage.org

VIVAnews - Dr. Tahir, pendiri kelompok usaha Mayapada bersama denganThe Global Fund dan perwakilan dari Bill & Melinda Gates Foundation, hari ini melakukan kunjungan serta pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan bidang kesehatan di Jawa Barat.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Kunjungan tersebut, merupakan tindak lanjut dari rencana pemberian bantuan pembangunan infrastruktur dalam bidang kesehatan, terutama dalam hal penanganan penyakit menular HIV AIDS, Tuberkulosis (TB) dan Malaria serta perkembangan program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. 

Dalam kunjungannya ke Jawa Barat, Dr. Tahir akan melakukan pertemuan dengan pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Para Bidan di Puskesmas Kecamatan Puter, Family Welfare Centre, dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Tahir mengatakan, kunjungan dan pertemuan dengan para pemangku kepentingan bidang kesehatan di Jawa Barat ini, adalah penegasan komitmen dirinya terhadap upaya peningkatan kualitas hidup rakyat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan.

“Saya lahir, besar dan berusaha di Indonesia. Adalah kewajiban saya untuk berterimakasih pada Indonesia, dan memberikan kembali apa yang sudah saya nikmati dari Indonesia,” ujar Tahir.

Menanggapi kunjungan Dr. Tahir itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr. Alma Lucyati, M.Kes, MSi mengatakan bantuan dari Tahir Foundation adalah bukti dari kerjasama antara pemerintah daerah dengan pengusaha. "Kami menyambut baik dukungan dari Tahir Foundation. Apa yang dilakukan oleh Dr. Tahir untuk kesehatan rakyat, patut ditiru oleh pengusaha lainnya," kata dr. Alma.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Oktober 2013 Dr. Tahir dan Bill and Melinda Gates Foundation telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memberikan donasi sebesar US$75 juta ke The Gobal Fund selama lima tahun kedepan, di mana US$65 juta digunakan untuk program penangananan TB, AIDS, dan Malaria sedangkan sisanya US$10 juta untuk pengembangan program Keluarga Berencana (KB).

Dalam kesepakatan tersebut, Bill & Melinda Gates Foundation akan melipatgandakan donasi dari Tahir Foundation, untuk disalurkan ke Indonesia. Melalui skema kesepakatan tersebut, maka Indonesia akan memperoleh dana bantuan sebesar total US$150 juta atau sekitar Rp1,8triliun, selama lima tahun ke depan.

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024