Tradisi Megengan di Madiun

nasi berkat
Sumber :
  • dinaanna.blogspot.com

VIVAnews - Megengan adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut Ramadan, tak terkecuali masyarakat muslim yang ada di Madiun. Megengan berasal dari bahasa Jawa yang artinya menahan.

Pada pagi sampai sore hari warga berziarah dan membersihkan makam para leluhur. Kemudian malam harinya setelah salat magrib warga berkumpul di Masjid At-Taubat untuk doa bersama.

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya

Warga yang menghadiri tradisi ini diharuskan membawa nasi ambeng, yakni nasi putih dan lauk pauk yang diletakkan di atas tampah, serta apem dan pisang raja yang dibagikan setelah doa bersama.

Tradisi Megengan identik dengan kue apem sebagai ungkapan rasa permintaan maaf secara tidak langsung kepada para tetangga. Apem berasal dari kata "afwum" yang artinya meminta maaf. 

Dalam tradisi ini adanya kue apem dan pisang raja memiliki makna yang konon jika apem dan pisang raja disatukan akan menjadi "payung", maksudnya sebagai perlindungan dari segala rintangan dan halangan selama menjalankan ibadah saat Ramadan. Kue apem sebagai bagian atap payung, sedangkan pisang raja sebagai tangkai atau gagang dari payung.

Baterai Blade BYD

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

BYD, raksasa otomotif dan baterai asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran baterai blade generasi kedua yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, kemungkinan pada bulan Agustus

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024