File Not Found
UREPORT

Tradisi "Keramas Bareng" di Sungai Cisadane

Biasanya tradisi ini dilakukan warga satu hari sebelum puasa.

Senin, 29 Juli 2013, 13:17 moz_es
Keramas bareng di sungai Cisadane
Keramas bareng di sungai Cisadane (U-Report)

VIVAnews - Menjelang Ramadan di Tangerang ada tradisi yang ramai dan sayang untuk dilewatkan, yaitu "keramas bareng" di sungai Cisadane. Biasanya tradisi ini dilakukan warga satu hari sebelum puasa.

Warga yang melihat dan mengikuti tradisi ini terus bertambah, dari anak-anak hingga orang tua, sebagian besar merupakan warga kelurahan Babakan. Walau saat ini Sungai Cisadane kurang bersih, namun warga yang mengikuti tradisi ini tidak takut terkena diare atau penyakit kulit seperti kudis, kurap, atau gatal-gatal.

Dahulu dalam tradisi ini warga menggunakan merang padi sebagai sampo, namun saat ini merang padi sulit didapatkan sehingga warga menggunakan sampo kemasan untuk keramas. Warga menganggap tradisi "keramas bareng" merupakan tradisi mensucikan diri untuk siap menjalankan puasa.

Warga berharap Sungai Cisadane tetap terjaga kebersihan dan keindahannya agar tradisi "keramas bareng" dapat terus dilakukan setiap tahun.

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
fivimeidyawatiapok
29/07/2013
(y) BTW mas/mbak, gmn cra ngirimnya biar langsung berhasil yah? sy ngirim terus kok COBA LAGI terus ya? mhon bantuannya dong,...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.