Tradisi Prepegan Menjelang Lebaran

Belum ada file foto Prepegan, saya memakai foto pasar ngablak di hari biasa
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Ramadan telah tiba, bulan suci untuk umat Islam menyimpan banyak cerita. Baik secara tradisi adat daerah maupun secara tradisi agama yang menarik dari cara pandang saya pribadi. Saya seorang nasrani, namun saya banyak memperhatikan tradisi Ramadan di daerah saya salah satunya tradisi prepegan.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

Prepegan berasal dari bahasa Jawa yang berarti berdesakkan. Apa hubungannya Ramadan dengan berdesakkan? Tradisi prepegan dilakukan mendesak oleh warga di bulan Ramadan secara beramai-ramai mendatangi pasar untuk membeli keperluan menjelang lebaran, biasanya pada saat tiga hari sebelum hari H lebaran.

Tak jauh dari rumah saya terdapat sebuah pasar yang bernama Pasar Ngablak. Sehari sebelum lebaran, Pasar Ngablak akan penuh dengan ribuan warga sekitar yang datang berbelanja dan ada juga yang sekedar datang melihat keramaian.

Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan

Hampir semua warga akan berkumpul di tempat yang sama di Pasar Ngablak, kemudian akan berbelanja secara massal. Tradisi prepegan dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi warga. Uniknya lagi, tradisi prepegan juga menjadi ajang ketemu jodoh. Banyak cerita yang menyebutkan kebenaran tentang keunikan tradisi ini, bahkan sepupu saya sendiri menemukan jodohnya lewat momen ini tiga tahun silam.

Mooryati Soedibyo

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Ada berita duka cita yang menyelimuti kita hari ini. Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha yang dikenal luas, telah berpulang pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024