UREPORT

Ubah Pola Pikir Ingin Jadi PNS

Para pendiri bangsa Indonesia membangun ekonomi berbasiskan wirausaha.

Minggu, 24 Juni 2012, 17:00 Bima W
Usaha kecil
Usaha kecil (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews - Mantan Ketua MPR RI Amiwn Rais dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menegaskan para pendiri bangsa Indonesia sejak dulu membangun ekonomi berbasiskan wirausaha. Oleh karena itu, hal tersebut harus terus didorong pada era pasar bebas sekarang sehingga seluruh kebutuhan ekonomi di Indonesia bisa dipenuhi oleh bangsa sendiri.

"Para pendiri negeri ini kan pada awalnya mengembangkan ekonomi Indonesia dengan membesarkan produk lokal. Untuk itu diperlukan banyak wirausahawan lokal sehingga seluruh kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi,"tegas Amien Rais di Benteng Vredeburg, DI Yogyakarta, Minggu (24/6/2012).

Amien menjelaskan khusus kondisi di Yogjakarta yang bisa menjadi kota pariwisata bisa menjadi peluang bagi generasi muda Yogyakarta untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik dengan wirausahawan dibanding menjadi pegawai.

"Pertumbuhan wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya harus dapat dimanfaatkan pemuda Yogyakarta untuk meningkatkan taraf hidup sehingga tidak mengandalkan pola pikir menjadi PNS demi mendapatkan kehidupan yang layak," imbau Amein dalam pelatihan wirausaha yang digelar Partai Amanat Nasional (MAPAN).

Sementara itu MenPAN Azwar Abubakar, menyebutkan, pada musim libur, ada 20 ribu wisatawan masuk ke Yogyakarta. Dengan kondisi itu, ia berharap para pemuda peserta pelatihan mampu mengubah pola pikir untuk bisa maju menjadi wirausahawan yang tangguh dan dapat memajukan perekonomian Yogyakarta.

"Program ini akan mendidik generasi muda untuk bisa menjadi wirausaha yang peka akan lingkungan sekitar sehingga mengetahui secara persis peluang usaha di sekitar," harap Azwar.

Azwar mengatakan, semangat berwirausaha harus ditumbuhkan di generasi muda Yogyakarta terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga bisa merubah pola pikir dari menjadi PNS menjadi Wirausahawan.

"Pola Pikir menjadi PNS sudah saatnya diubah di generasi muda. Mereka harus menjadi wirausahawan dan membentuk jaringan bisnis yang terkoneksi satu sama lain sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian. Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia akan memberikan atau menyumbangkan peluang usaha daerah ini dengan cara wirausahawan muda di sini bisa bekerjasama dengan wirausahawan di provinsi lain," kata Azwar.

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.