UREPORT

Media Online sedang Ambil Alih

Mayarakat saat ini sudah terbiasa dengan media online, terutama kaum muda.

Jum'at, 11 Mei 2012, 15:05 Clarisa Mutriafica
Communication Festival (CommFest)
Communication Festival (CommFest)  

 

VIVAnews - VIVAnews dan Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (IMKOM UMN) mengadakan Workshop Creative in Online Media dengan pembicara Founder/Editor in Chief/CEO VIVAnews, Karaniya Dharmasaputra dan Redaktur Pelaksana VIVAnews yang juga mantan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Nezar Patria di Function Hall UMN, Kamis 10 Mei 2012.

Dalam workshop ini, Karaniya memberikan materi mengenai new media dan new journalism. Ia menjelaskan, bagaimana perkembangan media yang ada di Indonesia yang semakin berkembang, serta efek digital media yang cukup berpengaruh di masyarakat yang saat ini semakin aktif mencari dan memilih beritanya. Selain itu, bagaimana belanja iklan dalam berita digital tumbuh secara signifikan dan menjadi sebuah bisnis yang layak. 

"Online journalism itu pelan tapi pasti, sedang taking over berita konvensional. Masyarakat ini sebenarnya sudah sangat digital, apalagi yang muda-muda seperti kalian," ujar Karaniya saat memberikan materi. 

Nezar Patria juga memberikan penjelasannya mengenai jurnalisme online dan bagaimana karakter media online yang ada saat ini. Ia mengungkapkan, bagaimana berita online itu dibuat, seperti unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah berita dan bagaimana jurnalis mengolah berita tersebut layak ditampilkan serta judul berita media cetak yang berbeda di media online.

Workshop yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini dihadiri oleh 43 mahasiswa yang sebagian besar adalah mahasiswa ilmu komunikasi. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Communication Festival (CommFest) yang diselenggarakan UMN yang dimulai dari 9 hingga 18 Mei 2012.

Selain itu, dalam acara ini tidak hanya menyelenggarakan workshop, melainkan seminar dan berbagai perlombaan antaruniversitas se-Jabodetabek.

 

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TIPS
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.