UREPORT

Ribuan Orang Ikuti Seleksi Pengusaha Muda

Acara ini di bertujuan untuk mencari enterpreuner muda yang mau berusaha merubah nasibnya

Minggu, 22 April 2012, 20:05 Imam W
Azwar Abubakar
Azwar Abubakar (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi )

VIVAnews - Setelah menjaring para calon wirausahawan muda di Jakarta, kini hadir di Bandung Jawa Barat. Dipilihnya Bandung sebagai salah satu tempat penjaringan calon wirausahawan muda, karena di kota ini banyak bermunculan kalangan muda yang mempunyai rasa antusias yang sangat tinggi dalam dunia usaha. Terlebih lagi, di kota kembang ini banyak kampus yang menghasilkan generasi muda terdidik.

Ribuan anak muda di kota Bandung dan sekitarnya, hari ini mengikuti pelatihan wirausaha mandiri yang dilakukan oleh DPP Partai Amanat Nasional atau PAN. Mereka berasal dari seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Acara pelatihan yang mengambil tema “60 Hari Buka Usaha Baru” ini akan dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Azwar Abubakar, Ketua Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia, Rusli Halim, dan Ketua DPW PAN Jawa Barat Edi Darnadi.

Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa menjelaskan, seleksi di Bandung hari ini merupakan babak pertama dari 11 kota yang akan dikunjungi program MAPAN ini. "Untuk Jakarta sebanyak 500 anak muda yang ikut mendaftarkan diri. Di Bandung kita harapkan akan lebih banyak, karena kota ini merupakan pusat generasi muda yang kreatif dan mempunyai keinginan usaha yang kuat,” kata MenPAN Azwar Abubakar, di dalam sambutannya hari ini, minggu (22/4/2012).

Azwar juga menjelaskan, wirausahawan yang akan dibina dan didampingi PAN tak harus kader PAN. "Tanpa embel-embel PAN, dan tidak harus menjadi kader PAN, semua kami rangkul dan seleksi. Semuanya kami latih dan beri pendampingan," jelasnya.

Ada 11 kota yang akan berkompetisi adalah Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Aceh dan Jayapura.

"Mereka yang lolos tahap seleksi akan mendapatkan mentoring bisnis di enam kota tersebut, dan mendapatkan tambahan modal bagi grup yang berhasil membuka usaha baru dan stabil. Selanjutnya dengan munculnya pengusaha baru dari 11 kota tersebut diharapkan mereka dapat membentuk jaringan bisnis satu sama lain dan bisa berbagi pengalaman secara berkesinambungan,"  terang MenPAN.

Program pelatihan kewirausahaan ini ditujukan untuk masyarakat usia 17 hingga 25 tahun. "Tujuannya untuk mencari entrepreneur muda yang mau dan gigih mengubah nasibnya, serta menciptakan lapangan kerja baru," tandasnya.

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.