UREPORT

Andong, Kendaraan Tradisional yang Eksis

Andong masih bisa bersaing dengan kendaraan modern saat ini.

Sabtu, 14 April 2012, 15:38 sabiya
Delman di kawasan Monuman Nasional (Monas).
Delman di kawasan Monuman Nasional (Monas). (Antara/ Yudhi Mahatma)

Vlog - Andong namanya. Ada juga yg menyebutnya delman. Apapun sebutannya, yang jelas alat transportasi tradisional ini masih digemari masyarakat, dari ratusan tahun lalu sampai saat ini. Entah apa yang menarik perhatian atau keunikannya dari andong hingga masih bisa bersaing dengan kendaraan modern yang canggih di zaman sekarang.

Di kota Jakarta tepatnya di Monas, keberadaannya sempat menjadi konflik atau pro-kontra. Di Jakarta andong sudah menjadi ikon kota yang bertajuk Betawi. Di pedesaan, andong masih dimanfaatkan masyarakatnya untuk berbagai kebutuhan. Seperti pergi ke pasar atau pulang dari pasar mereka mengunakan andong sebagai alat transportasi.

Selanjutnya...

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.