UREPORT

Pengaruh Islam dalam Berbagai Adat

Pengaruh Islam dapat ditemui di berbagai upacara adat atau tradisi.

Sabtu, 14 April 2012, 11:14 agussiswoyo
Tradisi Muharam.
Tradisi Muharam.  

Vlog - Indonesia adalah negara yang kaya budaya, tradisi, dan adat istiadat. Masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia mengalami akulturasi dengan tradisi dan upacara masyarakat setempat.

Tradisi dan upacara yang biasa dilakukan penganut animisme, dinamisme, Hindu, dan Buddha, ternyata dalam beberapa hal dipraktekkan dalam kehidupan keagamaan masyarakat Islam di Indonesia.

Pengaruh Islam dapat kita temui misalnya dengan adanya upacara selamatan terhadap orang yang telah meninggal. Upacara selamatan ini diadakan mulai dari hari pertama sampai hari ketujuh, lalu hari ke-40, ke-100 dan ke-1000. Demikian pula tradisi ziarah ke makam dengan cara menabur bunga dan menyiram makam.

Selanjutnya...

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TIPS
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.