Prajurit TNI Rayakan Galungan di Lebanon

Prajurit TNI rayakan Galungan di Lebanon
Sumber :
  • Badarudin Bakri Badar

VIVAnews - Pada tanggal 1 Februari 2012, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda TNI di Lebanon, di antaranya Sector East Military Police Unit (Sempu) TNI, Force Head Quarter Support Unit (FHQSU), Indonesia Battalion (Indobatt) dan Force Protection Company (FPC), merayakan Hari Galungan di ruang VIP Room Sector East Military Police Unit, UN Posn 7-3, Lebanon Selatan.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Persembahyangan Hari Raya Galungan ini dipimpin oleh Komandan Satgas Sempu TNI Konga XXV-D/Unifil, Letkol Cpm Ida Bagus Rahwan Diputra, selaku umat Hindu yang dituakan dalam Satgas Kontingen Garuda TNI di Lebanon.

Acara ini diikuti oleh prajurit TNI lainnya, di antaranya, Kapten POM I Gede Eka Santika (Pasi Info Sempu TNI) dan Kapten POM Made Oka (Dan Kima Sempu TNI).

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Sebelum persembahyangan dimulai, para prajurit TNI melantunkan Tri Sandya mengiringi persembahan sesajen dan diikuti oleh seluruh umat Hindu yang hadir hingga serangkaian persembahyangan  berakhir, dilanjutkan pemercikan tirta dengan khusuk.

Menurut Dansatgas Konga XXV-D/Unifil Letkol Cpm Ida Bagus, Galungan adalah salah satu hari raya umat Hindu yang datang 210 hari sekali, jatuh pada hari Rabu Kliwon, dengan Wuku Dulungan. Hari Raya Galungan merupakan kebenaran atas ketidakbenaran atau sering disebut kemenangan Dharma melawan Adharma.  

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

“Galungan ini adalah puncak kemenangan umat Hindu melawan kebatilan. Dharma atau kebaikan harus diutamakan, sebab yang namanya pahala tidak akan kemana, ada hukum alam yang tidak bisa dipungkiri. Apabila berbuat baik, pahalanya otomastis baik, dan sebaliknya,” kata Dansatgas Letkol Cpm Ida Bagus.

Dansatgas Letkol Cpm Ida Bagus menambahkan, perayaan Galungan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu yang sedang bertugas di Lebanon dan tergabung dalam Pasukan Garuda serta untuk  mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Harapan dari acara ini adalah agar semua prajurit di bawah bendera PBB, dapat melaksanakan tugas dengan baik dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya