Presiden Dijadwalkan Buka

Jambore Nasional Gerakan Pramuka

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Azrul Azwar (kanan)
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka Jambore Nasional Gerakan Pramuka 2011 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, 2-9 Juli mendatang. Seperti lazimnya, penutupan Jambore Nasional (Jamnas) dilakukan oleh Wakil Presiden Boediono.
 
”Pertemuan akbar lima tahunan ini akan diikuti oleh 17.000 Pramuka Penggalang, usia 11-15 tahun, dari seluruh Indonesia. Mereka akan mengikuti berbagai kegiatan sesuai dengan tema Jamnas tahun ini: ’Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang’,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr. Dr. Azrul Azwar, MPH, di Jakarta, Minggu (5/6).

Selain mengasah keterampilan kepramukaan, menurut Kak Azrul, peserta Jamnas akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dikemas sesuai dengan perkembangan terkini. Di antaranya ada Kampung Teknologi Sriwijaya, yang berisi kegiatan teknologi informasi, industri kreatif, jurnalistik, budidaya lebah madu, ikan air tawar, dan lainnya.

Ada pula Kampung Cindo Sriwijaya, yang fokus pada kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, daur ulang sampah, sanitasi lingkungan, perubahan iklim dan energi terbarukan seperti penjernihan air, pemanfaatan energi surya, angin, dan air.

Sedangkan untuk mengekspresikan aktivitas remaja, lanjut Azrul Azwar, dipusatkan di Kampung Petualangan dan Tunas Sriwijaya. Di sini terdapat kegiatan olahraga air, dirgantara, orienteering games, survival, war games, dan roal and field. ”Ada juga kegiatan pioneering, semboyan dan isyarat, P3K, memahami peta dan kompas serta taksir ukur. Tidak ketinggalan juga kegiatan seni budaya dan wisata,” urai Kak Azrul.

Bagi Pramuka Penggalang, jambore adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar. Menurut Azrul Azwar, nilai-nilai dalam Dasa Darma mewarnai jambore mulai dari ketakwaan kepada Tuhan, cinta alam, kemandirian, disiplin dan nasionalisme. ”Kegiatan yang disajikan merupakan life skill menghadapi era globalisasi,” katanya.

Sejak terbentuknya Gerakan Pramuka 50 tahun lalu, Jambore Nasional di Ogan Komering Ilir ini merupakan penyelenggaraan yang kesembilan. Jambore Nasional 2011 ini sekaligus merupakan rangkaian peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka yang lahir pada 1961. Untuk diketahui, Jambore Nasional pertama diadakan di Cibubur, Jakarta Timur, pada 1973. Empat tahun kemudian berlangsung Jambore Nasional di Sibolangit, Sumatera Utara.

Tahun 1981, Jambore Nasional kembali digelar di Cibubur, begitu juga Jambore Nasional tahun 1986, 1991 dan 1996. Sementara Jambore Nasional 2001 dihelat di Baturaden, Jawa Tengah, dan 2006 di Jatinangor, Jawa Barat. Setiap kwartir cabang (organisasi pramuka tingkat kabupaten/kota) mengirimkan dua regu putra dan putri hasil seleksi.

Di tingkat internasional, Jambore Dunia pertama kali diadakan di Inggris pada 1920 di Olympia. Bapak Pramuka Sedunia Lord Baden Powell ikut hadir dalam acara ini. Menurut rencana, pada akhir Juli 2011 mendatang akan berlangsung Jambore Dunia ke-22 di Rinkaby, Swedia. Gerakan Pramuka dari Indonesia akan ikut sebagai peserta.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024