Tradisi Bubur Samin Banjar Saat Ramadan

foto suasana pembagian bubur samin banjar secara cuma-cuma ke seluruh warga yang datang
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Masjid Darussalam merupakan salah satu masjid tua yang sudah berdiri di kota yang memiliki moto “The Spirit of Java” sejak sebelum Indonesia merdeka. Saat itu warga Banjarmasin atau suku Banjar merupakan pengusaha penggosokan intan dan permata secara tradisional, namun kini mulai tergeser oleh teknologi penggosokan intan modern.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Keluarga saya merupakan orang Jawa yang tinggal di kampung Jayengan Kidul bersama warga suku Banjar. Di sini terdapat banyak tradisi, salah satunya tradisi Bubur Samin Banjar yang hanya dilaksanakan di Masjid Darussalam menjelang Ramadan. Bubur Samin Banjar merupakan bubur khas Banjarmasin yang menggunakan minyak samin seperti mentega terbuat dari lemak hewani dari kambing. Selain diberi minyak samin juga diberi irisan sayuran dan daging.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Setiap hari pada Ramadan para petugas yang memasak bubur tersebut terbagi menjadi petugas yang meracik dan petugas memasak. Petugas meracik merupakan para wanita yang mempersiapkan segala bahan dan bumbu untuk keperluan memasak, sedangkan petugas memasak merupakan para pria yang memasak menyajikan bubur.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Setelah sholat zuhur berjamaah di Masjid Darussalam para petugas mulai memasak di halaman masjid. Setiap hari sekitar 1 kuintal beras digunakan untuk dimasak menjadi bubur. Selain menggunakan kas dari yayasan masjid, warga juga turut menyumbangkan beras sebagai sarana mencari pahala dan kebaikan di bulan suci bagi umat Islam tersebut.


Setelah matang bubur dibagikan secara gratis ke seluruh masyarakat Solo, bahkan masyarakat di luar Solo pun bisa turut mencicipinya. Ketika bubur sudah habis petugas akan menggantungkan papan di depan pintu masuk masjid bertuliskan “Bubur Habis”.


Bubur Samin Banjar hanya dapat diperoleh di Masjid Darussalam yang berlokasi di kampung Jayengan Kidul. Begitulah suasana Ramadan yang saya rasakan, mari ikut merasakan suasana ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya