Ubah Pola Pikir Ingin Jadi PNS

Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Mantan Ketua MPR RI Amiwn Rais dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menegaskan para pendiri bangsa Indonesia sejak dulu membangun ekonomi berbasiskan wirausaha. Oleh karena itu, hal tersebut harus terus didorong pada era pasar bebas sekarang sehingga seluruh kebutuhan ekonomi di Indonesia bisa dipenuhi oleh bangsa sendiri.

"Para pendiri negeri ini kan pada awalnya mengembangkan ekonomi Indonesia dengan membesarkan produk lokal. Untuk itu diperlukan banyak wirausahawan lokal sehingga seluruh kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi,"tegas Amien Rais di Benteng Vredeburg, DI Yogyakarta, Minggu (24/6/2012).

Amien menjelaskan khusus kondisi di Yogjakarta yang bisa menjadi kota pariwisata bisa menjadi peluang bagi generasi muda Yogyakarta untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik dengan wirausahawan dibanding menjadi pegawai.

"Pertumbuhan wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya harus dapat dimanfaatkan pemuda Yogyakarta untuk meningkatkan taraf hidup sehingga tidak mengandalkan pola pikir menjadi PNS demi mendapatkan kehidupan yang layak," imbau Amein dalam pelatihan wirausaha yang digelar Partai Amanat Nasional (MAPAN).

Sementara itu MenPAN Azwar Abubakar, menyebutkan, pada musim libur, ada 20 ribu wisatawan masuk ke Yogyakarta. Dengan kondisi itu, ia berharap para pemuda peserta pelatihan mampu mengubah pola pikir untuk bisa maju menjadi wirausahawan yang tangguh dan dapat memajukan perekonomian Yogyakarta.

"Program ini akan mendidik generasi muda untuk bisa menjadi wirausaha yang peka akan lingkungan sekitar sehingga mengetahui secara persis peluang usaha di sekitar," harap Azwar.

Azwar mengatakan, semangat berwirausaha harus ditumbuhkan di generasi muda Yogyakarta terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga bisa merubah pola pikir dari menjadi PNS menjadi Wirausahawan.

"Pola Pikir menjadi PNS sudah saatnya diubah di generasi muda. Mereka harus menjadi wirausahawan dan membentuk jaringan bisnis yang terkoneksi satu sama lain sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian. Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia akan memberikan atau menyumbangkan peluang usaha daerah ini dengan cara wirausahawan muda di sini bisa bekerjasama dengan wirausahawan di provinsi lain," kata Azwar.

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare
Kabid Humas PMJ, Kombes Pol Ade Ary

Kombes Ade Ary Blak-blakan Soal Kasus Aiman yang Disetop, Alasannya Bukan Politis

Penghentian kasus ini tidak bernuansa politis menyusul Pilpres 2024 sudah rampung.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024