Media Online sedang Ambil Alih

Communication Festival (CommFest)
Sumber :

VIVAnews - VIVAnews dan Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (IMKOM UMN) mengadakan Workshop Creative in Online Media dengan pembicara Founder/Editor in Chief/CEO VIVAnews, Karaniya Dharmasaputra dan Redaktur Pelaksana VIVAnews yang juga mantan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Nezar Patria di Function Hall UMN, Kamis 10 Mei 2012.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Dalam workshop ini, Karaniya memberikan materi mengenai new media dan new journalism. Ia menjelaskan, bagaimana perkembangan media yang ada di Indonesia yang semakin berkembang, serta efek digital media yang cukup berpengaruh di masyarakat yang saat ini semakin aktif mencari dan memilih beritanya. Selain itu, bagaimana belanja iklan dalam berita digital tumbuh secara signifikan dan menjadi sebuah bisnis yang layak. 

"Online journalism itu pelan tapi pasti, sedang taking over berita konvensional. Masyarakat ini sebenarnya sudah sangat digital, apalagi yang muda-muda seperti kalian," ujar Karaniya saat memberikan materi. 

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Nezar Patria juga memberikan penjelasannya mengenai jurnalisme online dan bagaimana karakter media online yang ada saat ini. Ia mengungkapkan, bagaimana berita online itu dibuat, seperti unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah berita dan bagaimana jurnalis mengolah berita tersebut layak ditampilkan serta judul berita media cetak yang berbeda di media online.

Workshop yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini dihadiri oleh 43 mahasiswa yang sebagian besar adalah mahasiswa ilmu komunikasi. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Communication Festival (CommFest) yang diselenggarakan UMN yang dimulai dari 9 hingga 18 Mei 2012.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Selain itu, dalam acara ini tidak hanya menyelenggarakan workshop, melainkan seminar dan berbagai perlombaan antaruniversitas se-Jabodetabek.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024